Sabtu, 08 Maret 2008

The Queen

Mutiara selalu diimpikan kaum wanita. Seindah dan semahal apapun gaun yang dikenakan, tanpa ada kalung yang beruntai mutiara di leher atau pergelangan tangan, penampilan saat itu menjadi kurang sempurna dan elegan. Mutiara yang sudah dibuat dalam bentuk jewelry (perhiasan) lebih indah bila dikombinasikan dengan benda-benda berharga lainnya seperti emas, perak, berlian, atau intan. Bentuk perhiasan yang dihasilkan diantaranya mahkota, kalung, gelang, cincin, bros, dan jepitan dasi.

Melihat tingginya permintaan mutiara, maka prospek budidaya mutiara di tanah air cukup cerah. Tidak hanya pasar dalam negeri yang membutuhkan mutiara-mutiara, tapi juga pasar luar negeri masih menganga lebar. Apalagi mutiara dari Indonesia sudah tersohor kualitasnya di berbagai belahan dunia. Indonesia dikenal sebagai penghasil Mutiara Laut Selatan (south sea pearl) yang juga dijuluki The Queen of Pearls.

Komoditas mutiara baik lewat budidaya laut dan air tawar ini masih memiliki peluang yang cukup luas. Masih banyak pulau dan teluk-teluk yang terlindung dari hempasan ombak yang cocok untuk untuk lokasi pengembangan budidaya laut yang belum dimanfaatkan.

Tidak ada komentar: