Rabu, 09 April 2008

HARI JADI JEPARA 459

JEPARA, pawai memperingati hari jadi jepara yang ke-459 th. 2008, hari ini kamis di kirapkan sebelumnya terhambat karena hujan mengguyur jepara pada jam 01.30. rencananya kirap di laksanakan agak awal karena hujan, di undur mulai jam 03.00 baru di laksanakan, dengan di meriahkan, dengan barongan, jaran kepang, pawai jaran, drumben, kreta kuda dan di meriahkan warga jepara yang. kegiatan rutin tahunan untuk prosesi ganti klambu di makam mantingan sebelum hari jadi jepara, ini peringatan hari jadi jepara tanggal 10 april, sesuai peraturan daerah tingkat II jepara nomor 9 tahun 1988 tentang penetapan hari jadi jepara.

Menurut catatan sejarah Ratu Kalinyamat wafat pada tahun 1579 dan dimakamkan di desa Mantingan Jepara, di sebelah makam suaminya Pangeran Hadiri. Mengacu pada semua aspek positif yang telah dibuktikan oleh Ratu Kalinyamat sehingga Jepara menjadi negeri yang makmur, kuat dan mashur maka penetapan Hari Jadi Jepara yang mengambil waktu beliau dinobatkan sebagai penguasa Jepara atau yang bertepatan dengan tanggal 10 April 1549 ini telah ditandai dengan Candra Sengkala “TRUS KARYA TATANING BUMI” atau terus bekerja keras membangun daerah.

3 komentar:

cewekndeso mengatakan...

wiich hari jadi jepara kok sama dengan hari pernikahanku ya 10 april heeheh tp aku nembe nikah tahun wingi dadi tgl 10 mau ulang tahun pertama pernikahan kami :)

wku mengatakan...

kangen ke bumi kalinyamat...

Hendrawan Kariman mengatakan...

Ternyata Jepara lebih tua dari Pekanbaru